Kp. kebon Duren Jl. Ciliwung No. 61 RT 001 RW 001 Kel. Kalimulya Kec. Cilodong Kota Depok 16413 Jawa Barat - Indonesia product.support@polymedikal.com (021)-87911526 / 87917166
  • October 08, 2020

Sistem Informasi Radiologi (IR-RIS)

Pemeriksaan radiologi adalah pemeriksaan dengan menggunakan teknologi pencitraan untuk mendiagnosis dan mengobati suatu penyakit. Pemeriksaan radiologi berguna untuk membantu dokter melihat kondisi bagian dalam tubuh pasien, dan untuk menentukan penyebab penyakit yang diderita oleh pasien. Dokter juga bisa mengetahui bagaimana respons tubuh pasien terhadap metode pengobatan yang sedang dijalani, serta memeriksa apakah ada penyakit lain pada pasien.

Pemeriksaan radiologi dulunya menggunakan kaset film untuk menangkap citra radiologi. Dengan perkembangan teknologi sekarang, citra radiologi dapat dihasilkan dalam bentuk gambar digital. Pasien tidak lagi harus membawa-bawa kaset film untuk mendapatkan diagnosis dokter. Instalasi radiologi yang terintegrasi dengan server rumah sakit memungkinkan transmisi data instan sehingga data pasien tidak akan berceceran. Sistem Informasi Radiologi dibuat untuk memungkinkan alur kerja tersebut.

Sistem Informasi Radiologi (RIS) adalah sistem perangkat lunak untuk mengelola citra medis dan data terkait. RIS sangat berguna untuk melacak transaksi setiap citra radiologi dan administrasi, digunakan bersama dengan Picture Archiving and Communication System (PACS) untuk mengelola arsip gambar, dan penyimpanan laporan hasil pemeriksaan. PACS adalah sistem penyimpanan citra radiologi yang memudahkan dokter untuk mengakses dan mendiagnosis citra dari mana saja.

IR-RIS adalah aplikasi digitalisasi radiologi yang kami kembangkan untuk kebutuhan tersebut. IR-RIS berbasis web, dan sentralisasi sistemnya menjadikan instalasi dan perawatan IR-RIS lebih sederhana. IR-RIS juga tersedia pada platform berbasis Android dan didesain user-friendly untuk menghadirkan kenyamanan bagi pengguna maupun pasien. Terdiri dari multi modality PACS, pengarsipan citra radiologi untuk berbagai modalitas dapat dilakukan.

IR-RIS dapat menghasilkan laporan untuk satu pasien atau prosedur tertentu, juga menyediakan laporan untuk transaksi dan dapat di cetak. Dengan fitur IPACS-Telerad, tenaga kesehatan dapat melakukan review dan pelaporan citra di manapun dan kapanpun. Data pasien dan informasi tindakan dari IR-RIS ditransmisikan ke modalitas dengan distribusi DMWL. Intinya, IR-RIS secara keseluruhan berfungsi melacak seluruh alur kerja pasien, serta pengarsipan citra dan pelaporan yang terintegrasi.

Aplikasi kami dapat meningkatkan efektivitas operasional dengan menghemat biaya pengadaan film dan/atau bahan kimia (disposal) sekaligus mengurangi area-area internal yang digunakan sebagai penyimpanan hard copy citra karena berbasis digital. Tanpa kaset film, staf tidak perlu lagi menangani hard copy citra, dan menghemat waktu dari penanganan isu seperti hard copy yang hilang.

Format citra digital juga dapat meningkatkan presentasi pelaporan citra, karena citra dapat mudah dimanipulasi untuk kajian diagnostik. Kemampuan akses dan pelaporan jarak jauh membuat waktu praktisi klinis lebih efisien. Bila perlu, hasil pelaporan citra dapat dicetak kapan pun.

Sumber:

Pemeriksaan Radiologi, Ini yang Harus Anda Ketahui