Kp. kebon Duren Jl. Ciliwung No. 61 RT 001 RW 001 Kel. Kalimulya Kec. Cilodong Kota Depok 16413 Jawa Barat - Indonesia product.support@polymedikal.com (021)-87911526 / 87917166
  • October 28, 2020

Menjadi Manusia Percobaan

Percobaan manusia (human trial) adalah pengujian obat atau vaksin yang dilakukan pada manusia. Uji coba dilakukan terutama untuk mengetahui apakah vaksin atau obat itu aman digunakan, atau apakah bisa bekerja dengan semestinya. Percobaan ini dapat membuktikan terjadinya peningkatan sistem kekebalan tubuh melawan patogen atau reaksi penyembuhan terhadap penyakit.


Satu-satunya cara untuk mengetahui bagaimana obat atau vaksin akan bekerja dalam tubuh manusia adalah dengan benar-benar menguji pengobatannya pada manusia. Uji coba dilakukan tidak hanya untuk menguji kemanjuran vaksin tetapi juga menemukan efek samping. Hasil uji coba dapat memberikan gambaran nyata tentang kinerja vaksin, yang juga menentukan kapan vaksin dapat diproduksi secara massal atau ditundanya uji coba. 


Proses pengembangan vaksin terdiri dari beberapa tahap percobaan manusia yang bertambah jumlah sampelnya seiring berpindah tahap. Relawan akan diberikan vaksin secara oral atau melalui suntikan, dan sampel medis berupa darah, urin, dan sebagainya dikumpulkan untuk uji lab. 


Namun tidak sembarang orang dapat menjadi relawan. Relawan yang dapat berkontribusi dalam uji coba harus memiliki kondisi sehat. Penyintas dan pasien Covid-19 tidak dapat ikut dalam uji coba, karena sistem imun sudah terpapar langsung dengan virus aslinya dan kemungkinan sudah membentuk imun dari paparan tersebut tanpa bantuan vaksin. Hasil uji coba vaksin akan sulit dipisahkan dari faktor tersebut, sehingga mustahil untuk menilai secara akurat kemanjurannya.


Selain alasan kontrol, uji coba ini juga memiliki resiko. Relawan tidak diberi tahu vaksin mana yang disuntikkan ke tubuh mereka. Separuh dari relawan akan menerima vaksin Covid-19 yang sedang diuji, separuhnya lagi diberikan vaksin penyakit lain seperti meningitis (plasebo). Karena ada kemungkinan vaksin tidak bekerja dengan semestinya, kelompok relawan yang diberikan plasebo berfungsi sebagai pembanding dari kelompok vaksin Covid-19 selama uji coba.


Meskipun dalam uji coba vaksin dibutuhkan paparan virus dalam penilaiannya, relawan tetap harus mengikuti protokol kesehatan dan tidak menginfeksi diri sendiri secara sengaja. Hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan Covid-19, maka relawan harus berhati-hati dan secara rutin memberikan laporan harian terkait kondisi kesehatan mereka pada pihak peneliti.


Sumber:

Challenge trials: The volunteers offering to be infected with coronavirus

Coronavirus vaccines in human trials: All you need to know about clinical studies

What Are The Coronavirus Vaccine Human Trials Actually Doing And What Is Involved?