Kp. kebon Duren Jl. Ciliwung No. 61 RT 001 RW 001 Kel. Kalimulya Kec. Cilodong Kota Depok 16413 Jawa Barat - Indonesia product.support@polymedikal.com (021)-87911526 / 87917166
  • February 11, 2021

Sertifikasi ASME "U" Stamp dan National Board "R" Stamp PT Tekno Medika Jaya

Pada tanggal 4-5 Februari 2021, PT Tekno Medika Jaya yang dimana merupakan perusahaan yang tergabung di dalam group Poly Jaya Medikal telah melaksanakan kegiatan Joint Review atau sertifikasi American Society of Mechanical Engineers (ASME) “U” stamp untuk Designator sekaligus penambahan sertifikasi “R” stamp untuk repair Pressure Vessel. Sertifikasi ini merupakan Program PT. Tekno Medika Jaya dalam peningkatan keamanan dan kualitas produk yang di hasilkan.

Team untuk sertifikasi ASME ini sudah dibentuk pada akhir tahun 2020 yang terdiri dari departemen yang terkait seperti Enginering, Procurement, Production, Sale, QC, dan QC manager sebagai penanggung jawab untuk seluruh kegiatan. 

Penjadwalan Joint Review pada tanggal 4-5 Februari 2021 telah diagendakan kurang lebih satu bulan sebelumnya. Selama kurang lebih satu bulan tersebut, seluruh tim terkait bekerja keras dalam penyesuaian QC Manual dan Standard Operating Procedure (SOP) serta implementasinya untuk dapat disesuaikan dengan ASME BPVC Code Edition 2019. 

Sebelum Joint Review dilaksanakan dalam kurun waktu tersebut pun diadakan Pre-Joint ASME Review oleh Authorised Inspection Agency (AIA) dari Lloyd Register. Kegiatan tersebut meliputi, pemastian distribusi QC manual dan SOP, Inspection planning, shop drawing, welding procedure, flow material, fabrication process, NDE plan, dan yang terakhir NDE personnel re-sertification dari NDE Lv. III dan Authorised Inspector (AI).

Joint Review dilaksanakan secara melalui apalikasi meeting secara online yang dipipmpin oleh Team Leader Mr. Derek Yeoh, dibantu oleh AI dari Lloyd Register Mr. Abidin Mursidi dan Mr. Saksana Bimantara. Pelaksanaan berlangsung pada tanggal 4 Februari 2021 meliputi pembahasan QC manual dan SOP bersama QC Manager. Kemudian pembahasan dokumen departemen Engineering bersama Engineering Manager. Pada hari kedua pada tanggal 5 Februari 2021 dilanjutkan pembahsan bersama departemen lainnya yang kemudian berlanjut Demo ASME vessel di shop bersama departemen produksi dimana semua persiapan dokumen dan hal teknis lainnya dalam proses pabrikasi sudah diterapkan. 

Pada akhir kegiatan Joint Review, Team leader merangkum semua kegiatan, menjelaskan beberpa koreksi yang pada saat itu juga telah dilakukan perbaiakan, dan memberikan saran untuk peningkatannya kedepannya kepada PT Tekno Medika Jaya. Kemudian Mr. Derek Yeoh mengumumkan bahwa PT. Tekno Medika Jaya direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat “U” stamp dari ASME dan “R” stamp dari National Board.